Makeup Untuk Pemula (Part 2)


Ladies, sudah baca "Makeup Untuk Pemula (Part 1)" kaaann.. Nah kalo sebelumnya kita sudah bahas tentang daily makeup/makeup untuk sehari2, sekarang kita akan bahas tentang makeup yang cocok diterapkan untuk pergi ke acara semi formal/pesta/kondangan yah. Kita akan butuh makeup yang lebih cover, tahan lama, dan menarik dibanding daily makeup. Maka dari itu, langkah2 dan produk yang dipakai juga lebih banyak daripada daily makeup yaa ladies..
Baca juga : Makeup Untuk Pemula (Part 1)

Sama seperti sebelumnya, pilih produk2 kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit supaya hasilnya bisa optimal. Sebelum mulai, ladies siapkan dulu produk yang mau dipake. Sesuaikan warna2 produk supaya makeupnya "nyambung". Jangan sampe salah pilih warna yaa ladies. Misal nih eyeshadow biru elektrik, blush on pink fanta, lipstik merah merona. Haduuuhh, bakal kayak ondel2 tuh. Kalo masih pemula, jangan berani2 main warna dulu deh. Soalnya belum tau tekniknya. Pilih yang aman2 aja pilihan warnanya. Contoh: eyeshadow ungu, blush on light mauve, lipstik soft pink naaah itu baru sesuai. Kurang lebih begitu lah mix & match warna makeupnya yaa..

Sangat dianjurkan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum ber-makeup. Oh iya, aku punya tips nih! Setelah membersihkan wajah, usapkan es batu pada seluruh permukaan kulit wajah selama kurang lebih 5menit ya, ladies.. Gunanya untuk mengecilkan pori dan makeup bisa tahan lebih lama. Oke, setelah itu marii kita mulaaaii...!!

LANGKAH-LANGKAHNYA :
1. Pelembab
Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit, tunggu beberapa saat sampai meresap.


2. Face Primer/Base Makeup
Pemakaian primer ini sangat penting ladies, tidak boleh dilewatkan. Pilih primer yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit ladies yaa.. Tunggu sampai primer benar2 meresap ke dalam kulit, baru lanjut.
Baca juga: Primer/Base Makeup Itu Apa Sihh??


3. Foundation
Sejauh yang aku ketahui bentuk foundation itu ada 2, yaitu cream (padat) dan liquid (cair). Pilih salah satu aja yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulitmu yaa ladies. Nge-blend nya pake spons lembab dengan cara ditekan2 sampai merata di seluruh wajah termasuk alis dan bibir. Ada tips supaya gak salah pilih shade/warna foundation. Pas beli ke counternya, ladies colek aja tuh sampel/tester nya. Oleskan ke kulit rahang, pilihlah foundi yang warnanya sama/menyatu dengan kulit rahang yaa ladies.


4. Bedak tabur
Bedak tabur ini gunanya untuk mengikat/menge-set foundi yang sudah kita pakai sebelumnya. Supaya foundi gak geser2. Kalo cuma pake foundi tok tanpa bedak kan rasanya pasti lengket2 gimanaaa gitu kan ladies.. Aku gunakan powder puct untuk mengaplikasikannya pada wajah, terus aku ratain pake powder brush.


5. Bedak padat
Bedak padat teksturnya lebih halus daripada bedak tabur yaa. Gunakan ini setelah bedak tabur untuk tampilan yang lebih haluuus dan flawless. Aku pake kabuki brush. Ladies yang masih pemula bisa pake puct/spons bawaan bedak padatnya kok, asal bener2 rata yaa pakenya.


6. Alis
Buat "bingkai" nya dulu, kemudian arsir tipis2 bagian ujung sampe tengah. Iya, separo aja ladies.. Kemudian blend menggunakan brow brush/sikat alis, sampai terbentuk gradasi warna yang cantik. Ladies sudah mahir menggunakan pensil alis?? Nah, kalo gitu ini saatnya ladies mencoba dengan brow powder, brow gel, brow mascara, dsb. Bisa juga mencoba nge-mix pensil alis sebagai bingkainya, eyeshadow coklat pekat sebagai "isi" nya.
Baca juga: Mukka Pensil Alis Coklat


7. Eyeshadow
Karena kita masih pemula, sebaiknya kita main aman dengan menggunakan 1 warna eyeshadow saja ya ladies.. Aplikasikan eyeshadow pada kelopak mata dengan eyeshadow brush, kemudian blend/baur dengan blending brush.



8. Eyeliner
Sudah terbiasa menggunakan eyeliner? Maka ladies bisa mencoba style "winged eyeliner" seperti yang aku buat. Tapi kalo masih belum bisa, buat eyeliner lurus mengikuti bentuk mata juga udah oke kok, ladies..
Baca juga: QL Fashion Eyeliner


9. Jepit bulu mata + Mascara
Dua hal diatas adalah 1 kesatuan yaa ladies. Jepit dulu bulumata nya, kemudian baru aplikasikan mascara.


10. Bulu mata + Lem nya (optional)
Ini optional ya. Artinya ladies mau pake boleh, gak pake juga boleh. Pilih tipe bulumata yang natural, yang pendek dan gak terlalu lebat. Maap ya, aku kehabisan stok bulmat natural. Jadi untuk artikel ini aku pake bulmat yang panjang dan tebal, kurang sesuai untuk makeup kondangan. Lebay pemirsahh.. Stok yang aku punya di rumah tinggal itu sih, hehee.. Jangan ditiru ya, ni cuma buat contoh aja kok. Terus kalo pake bulmat, masih perlu pake mascara gak sih? Tetep pake ya, soalnya nanti akan berfungsi untuk menahan bulmat nya supaya gak turun.


11. Waterline
Area bawah mata, kalo orang Jawa bilang "celak". Ladies sering liat waterline dikasih warna putih2 gitu kan? Gunanya apa sih? Untuk membuat tampilan tampak seger dan efek mata lebih besar seperti mata boneka. Tapi saran aja, untuk pemula pake yang aman dulu yaitu warna hitam. Soalnya kalo belum terbiasa pake waterline biasanya "mbrebes" alias keluar air mata.


12. Shading & Highlight (countur luar)
Nah ini susah ya jelasin lewat kata2. Mungkin kapan2 akan aku buatkan tutorialnya. Intinya sih, shading bisa memberi efek hidung mancung, pipi tirus, dsb. Sedangkan highlight memberi kesan glowing pada beberapa bagian wajah tertentu. Untuk latihan, kita belajar countur luar dulu ladies. Pake produknya yang berbentuk powder seperti bedak padat.
Baca juga: Pixy Highlight & Shading


13. Blush on
Blush on ini ditumpuk diatas countur yang sudah kita buat tadi yaa, ladies.. Biar tampak merona. Pake kuasnya yang agak besar dan lembut. Beli secara terpisah, kuas bawaan biasanya kecil dan kasar.


14. Lipstick
Berhubung ceritanya ini kita makeup untuk menghadiri suatu acara/pesta/kondangan yang memungkinkan kita makan dan minum saat acara berlangsung, maka pilih lipstik yang lumayan awet yaa ladies. Luntur dikit gak apa2, setidaknya gak langsung bablas hilang setelah kita selesai makan. Hehee..




Selesai deh makeupnya.. Gampang2 susah apa susah2 gampang, ladies?? Hehee, gampang kok.. Coba aja dulu. Nah setelah selesai acara, pasti makeup nya dihapus donk. Langsung disabun?? No, no, no..! Kalo masih ada bekas makeup tertinggal akan menyumbat pori dan akhirnya jadi jerawat. Terus gimana donk? Ini dia aku sertakan langkah2 membersihkan makeup. Cekidot!

CARA MEMBERSIHKAN MAKE UP :
1. Eye & Lip Makeup Remover
Pertama kita bersihkan dulu makeup mata dan bibir yang biasanya susah dibersihkan. Gunakan eye n lip makeup remover atau micellar water yang lagi ngetrend belakangan ini. Tuangkan pada kapas lalu usapkan secara lembut pada area mata dan bibir.
2. Milk Cleanser
Nah kemudian, kita bersihkan area wajah dengan milk cleanser. Usapkan secara merata pada seluruh wajah sambil agak dipijat2 ya ladies. Kemudian usap dengan kapas sampai bersih. Usap kapasnya jangan kenceng2 ladies, ntar iritasi kulitnya.
3. Facial Wash
Barulah kita bersihkan wajah menggunakan facial wash/sabun muka. Basahi dulu wajahnya, kemudian usapkan facial wash secara lembut pada seluruh wajah hingga berbusa. Setelah itu bilas hingga bersih. Keringkan dengan cara tepuk2 lembut dengan handuk bersih.
4. Toner
Terakhir, gunakan toner dengan cara ditepuk2 lembut ke seluruh wajah. Nepuk2 nya bisa dengan kapas, bisa langsung pake tangan.
Selesaaaii.. Bersih dan segar deh!!!

Langkah2 diatas menurut aku udah sesuai diterapkan bagi ladies yang masih pemula untuk makeup diri sendiri dalam rangka menghadiri acara semi formal/pesta/kondangan. Untuk makeup diri sendiri loh yaa, ladies.. Kalo untuk makeup-in orang kurang tepat, masih ada langkah2 lain yang gak aku sebutin di sini. Nanti kalo sudah benar2 menguasai langkah2 di atas, barulah ladies belajar lagi lebih lanjut mengenai countur dalam, conceal alis, ombre lips, dsb. Ladies yang terbiasa memakai softlens, boleh bangettt dipake softlens nya. Akan semakin melengkapi makeup yang ladies buat. Tapi kalo lebih suka tampil natural, ya gausah dipake. It's up to you!

Selamat mencoba ladies, Emak Irit pamit yee.. Have fun with your makeup!




DISCLAIMER :
Dilarang mengambil/mengcopy isi postingan ini tanpa izin dari penulis! Apabila benar2 diperlukan mengcopy, maka WAJIB mencantumkan sumber tulisan. Jika melanggar ketentuan tersebut, pelaku akan dituntut dan dapat dikenai sanksi sesuai undang2 yang berlaku.

Komentar

  1. Wow hasilnya cantik banget. Dan aku suka banget sm smokey eyesnyaa..

    Www.irenewidya.com

    BalasHapus
  2. Waaaaaa cakep banget makeupnya. Smokey eyesnya bagus nggak berlebihan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh jadi malu saiyahh.. soalnya levelku masih "belajar" blm ahli2 bget. Terima kasih banyakkk.. ^^

      Hapus
  3. Bener2 total make over ya, alisnya on fleek bgt aku sukaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasii banyak kk, hehe brati aku "pejuang alis" yg brhasil yak? Soalnya bs dilihat alis asli aku, tipiiiss kaya gt. Hihihii..

      Hapus
  4. Ga bisa bikin alis ky gitu 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Latian terus shayy, pasti bisa kok.. semangat yaa pejuang alis!! 💪💪

      Hapus
  5. Ga bisa bikin alis ky gitu 😁

    BalasHapus
  6. Softlense nya cakep bingit. Merk apa sih say?
    Kepo dan teracuni

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer