My Skincare Routine ( CTMP Harianku)


Assalamualaikum 😊
Ladies, biasanya aku bahas soal makeup kan.. Nah kali ini aku pengen bahas perawatan kulit dasar (CTMP) harianku. Sebelumnya, apa sih CTMP? Itu sebenernya adalah singkatan dari tahapan perawatan kulit dasar, yaitu:

C = Cleanser (pembersih)
T = Toner (lebih mengacu pada hydrating toner) 
M = Moisturizer (pelembap)
P = Protection (perlindungan, produk yang dimaksud adalah sunscreen/tabir surya)

Tahapan perawatan kulit ini harus dilakukan rutin setiap hari dan urutannya nggak boleh kebalik yaa Ladies..

Cleanser

Kalau Ladies mengikuti postingan-postinganku sejak awal, pasti kalian tau kalau aku pernah pakai krim perawatan dokter selama sekitar 7-8 tahun. Kemudian aku memutuskan berhenti karena semakin lama harga produk perawatannya makin mahal. Emak Irit nggak kuat, cyiin.. 😅 Nah, sejak berhenti itulah petualanganku mencari skincare yang tepat dimulai. Oiya tipe kulitku berminyak dan acne prone btw.

Toner (hydrating toner) 

Aku maunya produk lokal yang terjangkau, mudah didapat di toko/swalayan terdekat dan bisa bikin kulitku sehat. Iya, SEHAT. Aku nggak pengen putih atau glowing atau licin tanpa pori, yang penting kulitku nggak banyak keluhan. Udah gitu aja alhamdulillah banget. Aku mencoba berbagai macam merk seperti Garnier, Wardah Acne (ketika berhenti dari krim dokter mukaku jadi jerawatan), Ponds, Olay, Wardah Lightening, Wardah White Secret, dan terakhir Wardah Nature Daily. Aku emang berharap banyak sama merk Wardah, sampai-sampai mencoba 4 seri 😂. Soalnya Wardah harganya terjangkau dan nampak menjanjikan.

Moisturizer

Alhamdulillah pencarianku berakhir pada Wardah seri Nature Daily yang notabene malah paling murah daripada Wardah seri lainnya. Emak Irit girang banget dong yaa.. (*jingkrak-jingkrak). Produk skincare yang aku pakai dari Wardah semua kecuali sunscreen. Aku punya dua sunscreen yaitu, Emina Sun Protection untuk harian dan Biore UV Aqua Rich spf50 untuk pergi-pergi.

Protection (sunscreen) 

Jadi inilah CTMP Harianku :
PAGI~
C : Wardah Seaweed Facial Wash
T : Wardah Seaweed Hydrating Booster
M : Wardah Purifying Moisturizer Gel
P : Emina / Biore

SIANG ~
C : Wardah Micellar Water
-bilas air (sekalian wudhu dhuhur)
T :Wardah Seaweed Hydrating Booster
-tidur siang 😁✌
-bilas air (sekalian wudhu ashar)
P : Emina / Biore

MALAM ~
1st C : Wardah Micellar Water
2nd C : Wardah Seaweed Facial Wash
T : Wardah Seaweed Hydrating Booster
M : Wardah Seaweed Nightcream
-Lipbalm

SEMINGGU SEKALI ~
-Wardah Seaweed Facial Scrub
-Wardah Seaweed Facial Mask
Aku pakai malam hari sebelum tidur dengan urutan berikut:
Micellar-scrub-mask-facial wash-hydrating booster-night cream-lip balm.

Skincare tambahan

Setelah rutin melakukan CTMP dengan produk diatas, aku merasakan kulitku jauh membaik pasca berhenti dari krim dokter. Tekstur kulitku jadi aluuuss, nggak ada tuh yang namanya beruntusan. Kulitku nggak putih, tapi bersih jarang jerawatan dan nggak kusam. Kalaupun berjerawat cuma nongol 1 atau 2 biji aja pas deket tanggal menstruasi. Wajar lah yaa.. Sejak mengenal hydrating toner, kulitku yang tadinya berminyak parah sekarang jadi lembab dan kadar minyaknya berkurang. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan lebih mudah dimakeup dan makeupnya menempel lebih baik (awet). Yeayy!!

Sebenernya aku nggak fanatik sama brand Wardah sih, Ladies.. Selama sekitar 3 tahun aku pakai Wardah Nature Daily, aku sempat coba-coba beberapa pelembab selain Wardah Purifying kayak La Tulipe Hydrating Moisturizer Gel, Inez Cool Moist Gel dan Herborist Aloe Vera Gel. Ternyata nggak cocok dan akhirnya balik lagi ke Wardah. Akhirnya aku kasihin aja ke teman atau saudara pelembab-pelembab itu tadi 😅 Udah, Emak Irit ogah coba-coba lagi ahh!! Jatuhnya malah jadi boros kalau nggak cocok, hehee.. 😁 Kalau cocoknya cuma sama Wardah seri Nature Daily yaa mau diapain lagi kan yaa. Nggak bisa berpindah kelain brand.

Kondisi kulit satu orang dengan lainnya berbeda yah Ladies.. Oleh karena itu, apa yang cocok aku pakai belum tentu cocok juga buat kamu. Kamu harus berani trial & error sendiri sampai menemukan produk yang paling tepat buat kulit kamu. Ibarat kata nih ya, kamu suka wisata kuliner tapi takut mencoba karena takut sakit perut. Kamu nggak akan tahu bakal sakit perut atau nggak sebelum memakannya, bukan? Kemudian setelah kamu tahu apa yang bikin kamu sakit perut, sambel misalnya, maka selanjutnya hindarilah makanan yang ada sambelnya. Sama kayak skincare, kalo ada bahan yang bikin kulitmu alergi maka kamu harus catat nama bahan itu dan menghindarinya. Cari produk skincare yang tidak mengandung bahan yang bikin kamu iritasi/alergi itu tadi.


Okey Ladies, sekian cerita perjalanan skincare aku kali ini. See you on next post yaa.. 😉💕

Comments

  1. Wah hampir semuanya produk wardah 😄 aku belum pernah coba wardah nature daily sih, tapi setelah baca ini kayaknya worth to try ya kak?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Yang seaweed hydrating boosternya sangat menggoda imanku. Karena yang bentukan cream jarang banget bisa cocok. Emak irit bisa cantik kayak pake S*II ya...

    ReplyDelete
  4. wah hampir semuanya wardah yaa. aku juga pakai wardah btw dan aku suka banget sama night creamnya dari seri lightening ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu coba lightening juga tapi gak cocok..

      Delete
  5. Skincarenya Tim Wardah banget ya say, tos dulu kita hehehehe...

    ReplyDelete
  6. enak banget kalau produk skincare yang cocok itu produk-produkdrugstore , soalnya pasti gampang di cari ya kak.

    ReplyDelete
  7. wardah memang bagus dan harganya terjangkau banget ya kak... aku juga dulu pakai wardah..tapi sekarang lagi hijrah ke yang lain ..untuk mendapatkan wajah yg lebih mulus 😁

    ReplyDelete
  8. Kak ini beli 1 paket ap gmn ?
    Dan ini buat kulit ap coz kulit wajah q kering di saranin Wardah yg mna kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang aku pake ini untuk kulit berminyak. Kalo yg untuk kulit kering pilih varian Hydramild Aloe Vera.

      Delete
  9. Wahh itu recommended banget kak.. pengen sih nyoba tapi takut ga cocok sama kulitku.. soalnya saya belum pernah pakai skincare apapun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu nggak akan pernah tau apa yg cocok buat kulitmu, kalo kamu nggak berani coba 😊

      Delete
  10. Thak's udah share CTMPnya kakak, recommended bgt, aku çoba dan Alhamdulillah cocok, padahal sebelum2nya kulitku yg rewel g pernah cocok pake wardah. Dari skincare mahal akhirnya bisa beralih ke yg lebih ekonomis. Alhamdulillah dompet aman 🥰😘

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Kalo mau serum wardah yg dibotol kecil2 taruh dibagian mana taa stepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serum bisa dipakai setelah hydrating booster 😊

      Delete
  13. Replies
    1. Produknya banyak neng, capek juga mesti ketik atu2 .. 😅 utk Wardahnya, yg paling mahal 32rb. Yang paling mahal dari sekua produk di atas Biore UV, yaitu 100rb ke atas.

      Detail harga silakan googling sendiri yak 😁 tinggal copas2 aja nama produk di atas ke pencarian Google.

      Delete
  14. Sekarang aq jg lagi cobain rangkaian wardah aloe vera series, Alhamdulillah wajahku jd gak kusam lg dn yg pasti lebih glowing😀

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. Harus COBA SENDIRI baru tau cocok atau tidaknya yaa dear.. :)

      Delete
  16. Kalau emina/biore nya itu diganti skinaqua itu gimanaa

    ReplyDelete
  17. itu sepaket apa gmna ya kak,, ap beli pr pcs?

    ReplyDelete
  18. Ampir wardah semua ya, sekalian sumscreenya wardah aja kak lebih enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pernah pake lama sebelum menemukan Emina, nggak suka. Bikin kulitku makin berminyak dan kusam.

      Delete
  19. kak pelembabnya pakek ap?? qu blm pernah pakek wardah sama sekali mau coba cz qu sama kayak kakak dulu pakek krem dokter trs skrg udh berhenti dan jrwtan udh cb crem2 lain g ad yg cocok. mau ikut cb pakek wardah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua produk yg aku kan udah aku sebut di atas, dear.. pelembab=moisturizer=day/night cream

      Delete
  20. Kak, night cream atau day cream itu termasuk apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Day/night cream hanyalah NAMA LAIN dari moisturizer (pelembab) yaa dear..

      Delete
  21. Ka mukak ku berminyak dan berjerawat nih ka skincare yang cocok tu apa ka kalo boleh tau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak berani rekomen merk yaa.. skincare cocok2an. Seperti yg aku bilang di atas, kamu harus coba sendiri prosuknya supaya tau cocok atau nggak.

      Delete
  22. Replies
    1. Normal pasti tetap ada kecenderungan. Cara mengetahui jenis kulit : ketika bangun tidur, langsung ngaca. Perhatikan apakah kulit cenderung kering atau berminyak.

      Delete
  23. Lagi nyari CTMP ini
    Sbelumnya pake produk mlm
    Pertama kali kenal skincare SR12 trus beralih ke nu amoorea dan nyoba lamour,krna mahal 4 pcs smpe 500 ribuan akhirnya balik ke SR12 inj. Cocok sama toner dan sabun berasnya.

    Dan skrang lagi pengen nyoba produk drugstore.
    Sebelum2nya pas zaman sekolah pernah pake ponds, citra, garnier langsung jerawatan. Makanya belum berani nyoba2 lagi(padahal pake facial foamnya aja) krna dulu belum kenal ada tahapan CTMP ini.
    Rekomendasi dong kak, untuk kulit berminyak, kusam, pori gede, bekas jerawat hmm banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak berani rekomen merk yaa.. skincare cocok2an. Seperti yg aku bilang di atas, kamu harus coba sendiri prosuknya supaya tau cocok atau nggak.

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Saya juga pake wardah
    Urutan nya gini salh engga yah??


    Milkcelancer
    Pencuci muka
    Toner
    Serum
    Cream siang /malm

    ReplyDelete
  26. Saya juga pake wardah
    Urutan nya gini salh engga yah??


    Milkcelancer
    Pencuci muka
    Toner
    Serum
    Cream siang /malm

    ReplyDelete
  27. terimakasih rekomendasinya, bila sudah selesai makeup memang sebaiknya menggunakan setting spray merk apapun bisa, agar makeup bisa lebih tahan lama, awet dan tidak cepat luntur

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts