Makeup Untuk Pemula (Part 1)


Setiap perempuan pastilah ingin cantik. Banyak sekali cara supaya cantik, salah satunya adalah dengan makeup. Namun ternyata makeup tak semudah yang kita bayangkan. Nah sebagai pemula apa saja sih yang perlu kita siapkan?? Yuk kita bahas lebih lanjut mengenai makeup untuk pemula..

Hal pertama dan sangat penting yang harus kita lakukan adalah mengenali tipe kulit kita sendiri. Apakah tipe kulit kering, berminyak, berjerawat, dsb. Nanti akan sangat penting untuk menentukan produk kosmetik yang akan kita beli. Karena supaya makeupnya bisa optimal, produk2 tersebut harus sesuai dengan tipe kulit kita. Bagi ladies yang melakukan "perawatan" sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kulitnya masing2 yaa. Pastikan cream2 kecantikan yang dipake nanti tidak bereaksi negatif dengan makeup yang akan kita gunakan.

Makeup itu menurut aku ada beberapa level sesuai dengan kebutuhannya. Wedding makeup misalnya, termasuk level yang tinggi tuh. Soalnya harus tahan lama dan harus kelihatan bagus difoto, langkah2nya pun panjang dan rumit. Karena kita masih pemula, kita akan bahas dari level paling dasar yaitu daily makeup alias makeup harian yaa, ladies..

Nah, ini nih yang paling sering ditanyakan oleh para pemula. "Alat tempur" nya apa aja sih? Urutan pakenya gimana? Well, dibawah ini aku akan sebutin sekaligus dengan urutan pakenya yah. Oh iya, sebelum ber-makeup kita harus membersihkan wajah terlebih dulu ya ladies..

1. Pelembap dan Sunscreen
Pakai pelembap sesuai jenis kulit beri jeda sampai pelembap meresap, kemudian lanjutkan dengan memakai sunscreen. Tunggu sampai meresap.

2. Bedak.
Ada beberapa jenis bedak, yaitu:
a. Bedak tabur, cocok digunakan bagi
pemilik kulit yang berjerawat dan
atau berminyak. Formulanya paling
ringan, tidak menyumbat pori. Karena
ringan, biasanya coverage (daya tutup)
nya kurang. Noda bekas jerawat masih
akan terlihat setelah memakai ini.
b. Bedak padat / compact powder, cocok
untuk kulit normal. Ini sebenarnya
adalah bedak tabur yang sudah
dipadatkan. Jadi formulanya sama
dengan bedak tabur tapi teksturnya
lebih halus.
c. Two way cake, merupakan bedak
+foundation. Jadi sudah pasti formula
lebih berat dan coverage nya lebih
bagus daripada dua jenis bedak
sebelumnya yaa. Tapi bedak tipe ini
kurang cocok dipake bagi pemilik kulit
berminyak dan pori besar (acne
prone), bikin jerawatan..
Diantara beberapa jenis bedak tersebut, pilih salah satu yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu yaa ladies. Jangan lupa, dalam memilih shade/warna bedaknya juga harus disesuaikan dengan warna kulit aslimu.
Cara memilih warna bedak yaitu colek sedikit tester nya lalu usapkan di area rahang. Jika warnanya bisa sama/menyatu dengan kulit wajah maka warna itulah yang cocok untuk ladies.

3. Pensil alis dan sikat alis
Sebenarnya ada banyak macam produk untuk alis. Ada pensil alis, brow gel, brow powder, brow mascara, dll. Tapi menurut aku, pensil alis adalah yang paling tepat untuk pemula. Brow brush / sikat alis juga gak kalah penting untuk dibeli ya ladies. Belilah sikat alis ini yang murah2 aja dulu buat latian. Palingan 5rb udah dapet kok. Brow brush gunanya untuk menyikat (nge-blend) alis yang sudah diarsir dengan pensil alis. Supaya hasil akhir bisa tampak halus dan natural.
*Rekomendasi pensil alis murah dan bagus untuk daily use~
Mukka Pensil Alis Coklat


4. Blush on dan kuasnya
Blush on perlu nggak sih sebenernya? Bukannya dipake pas kondangan aja ya? Menurut aku sih perlu, ladies.. Supaya wajah tampak segar merona. Pilih warna pink yang netral ladies, pakainya tipis2 aja kalo untuk daily. Kuas bawaan biasanya kecil dan bulunya kasar. Maka dari itu ladies perlu membeli kuas blush on secara terpisah. Gak usah yang branded, yang harga 10-15rb aja asal ukurannya tepat dan bulunya lembut pun udah oke lho, ladies..

5. Lipstik
Bagi pemula, untuk pemilihan warna lipstik hindari warna2 ngejreng dulu ya, ladies.. Karena salah pilih warna lipstik justru akan membuat keseluruhan makeup-mu tampak aneh. Sebaiknya pilih warna2 aman yang untuk daily makeup seperti warna2 soft atau nude.
-Contoh lipstik soft: Red-A no.617 & 650, Pixy satin no.216 (pinkish peach), Purbasari matte no.92 (rose), Wardah matte lipstick no.16 (summer pink), Wardah LipCream no.05 (speachless).
-Contoh lipstik nude: Viva no.22, Mirabella Chic no 07 & 08, Purbasari matte no.90 (crystal), Wardah matte lipstick no.14 (velvety brown), Wardah LipCream no.03 (see you latte).
*Review Mirabella Chic 07&08~
Mirabella Colormoist Lipstick 07&08


Daily makeup

Yang diatas tadi untuk makeup sehari2 dirumah atau untuk sekedar pergi jemput anak sekolah aja ya. Nah, kalo mau pergi JJS sama anak+suami (nge-date, kalo yang masih pacaran) atau hangout bareng temen2 maka ladies perlu tambahin ini:

6. Eyeliner
Hidupkan mata mu dengan eyeliner, ladies! Sama seperti alis, eyeliner juga ada beberapa macam. Ada liquid liner, gel liner, pencil liner, pen liner, dsb. Menurut aku, eyeliner tipe pen/spidol adalah yang paling tepat digunakan untuk pemula. Untuk pemula, pakai eyelinernya lurus aja ngikut bentuk mata dulu ya ladies. Kalo tangannya udah luwes terbiasa ngegambar eyeliner, maka ladies bisa mencoba style lain misalnya "winged eyeliner".
*Rekomendasi eyeliner pen~
QL Fashion Eyeliner

7. Mascara
Eyeliner gak akan lengkap tanpa mascara. Mascara gunanya untuk membuat bulu mata tampak tebal dan lentik. Pilih mascara yang waterproof ya. Supaya kalo tiba2 kehujanan ato dipake wudhu gak beleberan, ladies..

And now, YOU'RE READY TO GO!!

Semoga postingan ini bermanfaat yaa.. Nantikan postingan Emak Irit selanjutnya "Makeup Untuk Pemula (Part 2)" yang akan membahas tentang makeup untuk acara semi formal atau untuk pergi kondangan, juga cara membersihkannya. Salam cantik, ladies.. See ya!

Perbandingan before, daily & ready to go





DISCLAIMER :
Dilarang mengambil/mengcopy isi postingan ini tanpa izin dari penulis! Apabila benar2 diperlukan mengcopy, maka WAJIB mencantumkan sumber tulisan. Jika melanggar ketentuan tersebut, pelaku akan dituntut dan dapat dikenai sanksi sesuai undang2 yang berlaku.

Comments

  1. Terimakasih atas ilmunya...
    Sangat bermanfaat sekali mbk.
    Ada 1 pertanyaan saya mbak,saya mempunyai bulu alis yg sangat tebal dan berantakan bagai mana biar terlihat cantik saat dimakeup.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk makeup harian, biarkan aja mbaksaii. Karena bedak saja gak akan mampu mnutup rmbut alis. Tapi kalo makeup ke kondangan, bs dirapikan dg cara mnutup rmbut alis yg diluar bingkai dg foundi/concealer.

      Delete
    2. Kalo untuk makeup harian, biarkan aja mbaksaii. Karena bedak saja gak akan mampu mnutup rmbut alis. Tapi kalo makeup ke kondangan, bs dirapikan dg cara mnutup rmbut alis yg diluar bingkai dg foundi/concealer.

      Delete
  2. wahh, detail di bibirnya lucuuu..

    Lia,
    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
  3. Mbak diatas itu pake lipstik merk apa kok glowing gitu kyknya?

    ReplyDelete
  4. Concealer yg rekomen apa ya produk lokal tapi kualitas bagus? Dan yg pasti halal. Buat nutupin mata panda atau ngebingkai bibir. Sekalian minta no WA dong say

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa cobain liquid concealer dari LT Pro mba..
      081335759992

      Delete

Post a Comment

Popular Posts