Primer/Base Makeup Itu Apa Sihh???



Banyak MUA professional mengatakan bahwa primer/base itu sangatlah penting. Nah, bagi para pemula yang masih baruuu banget masuk ke dunia per-makeup-an pasti sering bertanya tentang hal ini. Apa sih primer/base itu? Gunanya apa? Makenya gimana? Taunya kalo makeup itu langsung pake foundi (kayak aku duluuu..). Wokee, untuk itulah artikel ini hadir. Yuk mari kita kulik perkara ini lebih lanjut.

DEFINISI
Kata primer berasal dari kata priming = preparing = mempersiapkan, adalah suatu produk yang dipakai sebelum memakai foundation. Ada beberapa jenis yang aku tahu, diantaranya serum, spray, dan semacam pelembab.
(sumber: www.pacific-style.com)

KEGUNAAN/FUNGSI
Kegunaannya banyak ya ladies, bahkan bisa sangat mempengaruhi hasil akhir suatu makeup.

Menurut makeup artis Laura Mercier, seperti yang dikutip dari www.beauty.about.com, primer wajah memiliki beberapa manfaat antara lain:
1. Primer dapat membuat foundation tetap bertahan dalam udara panas.
2. Primer membantu mencegah kulit agar tidak menyerap talc dan pigmen dari foundation yang digunakan serta mencegah talc menyerap minyak dari kulit.
3. Primer biasanya mengandung tumbuh-tumbuhan seperti lavender, jeruk, melati, mawar, anggur, kiwi dan ekstrak aloe yang dapat menenangkan dan menyegarkan kulit.

Menurut aku, fungsi primer paling umum dari berbagai sumber:
1. Membuat foundation jadi lebih mudah diaplikasikan ke kulit.
2. Menjadi "batas" pelindung antara kulit dengan makeup.
3. Makeup jadi lebih halus dan tahan lama.

JENIS/BENTUK PRIMER
Di awal tadi udah aku sebutin ya ladies.. Jenisnya antara lain ada serum, spray, lotion (pelembab) dengan menawarkan manfaat yang berbeda2 pula.
Kondisi kulit tiap individu kan berbeda2 ya ladies, so untuk memilih primer juga perlu diperhatikan apakah sesuai dengan kondisi kulit kita atau tidak. Jika kulit berminyak, cari primer yang matte finish. Jika kulit kering, cari yang hydrating (melembabkan). Pori2 besar, cari yang mampu menutup pori (poreless). Dan masih banyak lagi, tinggal disesuaikan aja dengan kondisi dan kebutuhan kulit masing2.

Beberapa contohnya :

City Color Primer Spray

L.A. Girl Pro HD Smoothing Face Primer

NYX Shine Killer

MakeOver Hydration Serum

Monistat

Dari beberapa contoh diatas dapat dilihat ya, jenis2 serta kegunaannya. Oh iya ladies, ada yang perlu diluruskan untuk produk MONISTAT. Itu sebenernya bukan produk khusus primer loh, melainkan produk yang digunakan untuk sehabis bercukur. Tapi karena produk ini oke dalam meredakan redness, cukup menutup pori dan finish matte, produk ini jadi salah satu primer favorit di kalangan beauty blogger.

DIMANA BELINYA?
Nah kalo ini tergantung merk apa yang ladies pake ya.. Kalo dari produk lokal seperti MakeOver dan LT Pro sudah tentu mudah dijumpai di counter2 resmi nya di mall atau di toko2 kosmetik. Beli online pun juga bisa. Sedangkan untuk merk luar, biasanya bisa beli online langsung di website resmi atau melalui olshop2 trusted langgananmu ladies..

Tunggu, tunggu.. dari tadi sebutnya primer terus. Terus base itu apa? Sama aja kah dengan primer? Jadi bingung.. Hehehee, jangan bingung dulu ladies. Jadi, setelah aku baca2 cari wangsit kesana kemari ada pendapat yang berbeda. Rata2 orang Indonesia akan bilang SAMA, tapi kalo aku baca2 di blog ato situs luar mereka bilang BEDA. Hampir sama, tapi beda. Mungkin next time yah Emak Irit akan bahas mengenai perbedaan primer dengan base.Nah, karena kita tinggal di Indonesia marilah kita sepakat bahwa primer dan base itu sama. Mengenai orang luar yang mengatakan beda, kita cukup sekedar tahu saja jangan dijadikan patokan.

Well, semoga artikel singkat ini dapat membantu ladies mengerti mengenai primer yaa.. Salam cantik, ladies..

Comments

Post a Comment

Popular Posts